armada times

welcome

welcome to the armada blogspot. G O O D U S E F U L...........

Selasa, 12 Juli 2011

studi kasus 1

CASE  STUDY
ASIK PRESENTASI DENGAN POWER POINT
Oleh : Didi Kuswadi Ar, S.Pd

Saya seorang guru IPA SMPN 1 Cibinong Kabupaten Bogor kelas IX semester satu tahun pelajaran 2009/2010, saya merasa perlu untuk menuliskan/membuat suatu catatan setelah mengajar di kelas saya berkeinginan sukses dalam pembelajaran
Siswa saya ajak belajar di pendopo terbuka dengan maksud siswa belajar dengan menggunakan ICT yang ada di ruang media perpustakaan yang jumlah komputernya cukup untuk kelompok sedangkan layar dan lap top dan infokus saya siapkan untuk presentasi.
Konsep pembelajarn Biologi yang terdapat pada RPP semester I adalah system ekresi/sistem pengeluaran pada manusia yaitu ekresi pada Ginjal, Hati, Paru-paru dan Kulit. Saya menggunakan pendekatan Cooperatif Learning (CL) teknik STAD dengan  prensentasitasi menggunakan ICT  power point,  namun siswa belum terbiasa dalam prentasi tetapi setelah saya jelaskan dan saya bimbing ternyata siswa sangat antusias karena sudah mengenal dan terbiasa menggunakan power point pada mata pelajaran TIK,
Saya sebelum proses pembelajaran diawali membagi kelompok menjadi 8 kelompok yang anggotanya 5 orang secara heterogen baik itu jenis kelamin maupun tingkat kemampuan. Setiap kelompok diberi judul untuk diskusi yaitu 2 kelompok A dan C mendapat materi ginjal, 2 kelompok E dan H dapat materi hati, 2 kelompok B dan G dapat materi paru-paru dan 2 kelompok lagi D dan F mendapat materi kulit
Pada proses pendahuluan pembelajaran diawali dengan apersepsi selama 10 menit mengenai materi sebelumnya yaitu system pencernaan dengan tujuan ingin mengetahui sejauh mana penguasaan materi sebelumnya yang berkaitan dengan system ekresi tetapi tak semua siswa siap ada yang masih mempersiapkan diri dan Dedi asik berbicara dengan fandi teman sebangkunya, setelah saya berikan suatu motivasi dengan menanyakan pada Dedi apa yang dirasakan oleh kulitmu bila kepanasan Dedi menjawab panas dan setelah itu Dedi menjawab keluar keringat setelah itu siswa yang lain  mulai berantusias.
Saya mengadakan tanya jawab permulaan dengan maksud menggali pengetahuan awal siswa kepada Linda berupa hasil atau secret dari hasil ekresi apa saja secret dari ginjal,hati, paru-paru dan kulit siswa mapu menyebutkan sebagian jawaban yang diharapkan selanjutnya saya membagikan LKS pada  setiap kelompok untuk mendiskusikan tentang secret kelaianan dan penyakit dengan 20 menit dan selanjutnya siswa mempersiapkan hasil diskusi kelompoknya
Saya berkeliling mengamati kelompok dan membantu kelompok dalam diskusi ada siswa yaitu Fajar yang bertanya pak setelah diskusi terus apalagi kegiatannya saya tersenyum dan dalam hati berkata inilah saatnya saya untuk memotivasi kelomok lalu saya jawab coba diantara kalian siapa yang dapat menjelaskan kegiatan apalagi saya tujukan keseluruh kelompok ada yang spontan kelompok menjawab bahwa setelah ini presentasi kedepan menjelaskan hasil diskusi kelompok.
Setelahnya waktu yang diberikan telah selesai dan siswa mempersiapkan presentasi saya mengundi kelompok  untuk tampil presentasi kelompok, hasil undian kelompok C dapat giliran pertama tampil, setelah selesai tampil   siswa dari kelompok D yaitu Adytya  mengajukan pertanyaan kepada kelompok yang tampil  yaitu Kelompok C dengan materi ginjal dengan pertanyaan zat apa saja yang di absorsi, reabsorsi oleh ginjal, kelompok C yaitu Winda sudah menjawab tetapi Adytya belum puas atas jawabannya . Saya lemparkan jawaban ke anggota kelompok yang lain dan jawaban tidak jauh dari, akhirnya pertanyaan itu saya jawab untuk  mempertegas dan kepuasan Aditya
Berikutnya kelompok G tampil presentasi dengan materi paru-paru giliran Sutrisno bertanya kepada kelompok G di jawab oleh Rizky tetapi tidak jauh dari kelompok terdahulu sehingga saya harus memberikan jawaban .  Saya lihat jam tangan tinggal 5 menit lagi selesai akhirnya saya membuat kesimpulan dari dua materi dengan spontan kelompok lain bertanya saya kapan giliaran saya jawab waktu habis dan prentasi dilanjutkan hari Kamis .
Setelah bel berbunyi siswa kembali ke kelas dan saya bertanya dalam hati dengan presentasi siswa mampu menyerap materi pelajaran namun ada kekecewaan saya tidak semua siswa mampu menyerap materi dan kesimpulan sementara saya bahwa siswa lebih diberdayakan untuk menyerap dari sumber lain dan membuka internet agar dapat menyerap materi lebih banyak lagi



   





Tidak ada komentar:

Posting Komentar